[Talkshow Berseri: Menyingkap Pesona Wastra Indonesia] Tahun 2024 Museum Tekstil Jakarta Barat

[Talkshow Berseri: Menyingkap Pesona Wastra Indonesia]

Hai, Sobat Wastra! Jangan lewatkan Talkshow Berseri: Menyingkap Pesona Wastra Indonesia sesi 2, di mana para narasumber akan membahas “Karya Batik dan Tokohnya: Beragam Gaya Batik”. Mari belajar tentang maestro-maestro batik dan karyanya dalam talkshow yang akan berlangsung pada:

Hari/Tanggal : Sabtu, 2 Maret 2024
Pukul : Pukul 9.30 - 14.00 WIB
Lokasi : Museum Tekstil, Jakarta Barat

- Talkshow terbuka bagi anggota Pusaka dan masyarakat umum terbatas untuk 75 orang.
- Kader Pusaka di wilayah lain dan masyarakat umum dapat mengikuti secara online via zoom.

Info & Pendaftaran
Prapti 0852 5917 5500

Profil Narasumber

Sri Sintasari (Neneng) Iskandar
Akrab disapa Neneng Iskandar, Ia adalah seorang pengamat budaya. Sejak tahun 1976 Neneng Iskandar aktif berkecimpung di dunia wastra dan menjadi pengurus Himpunan Wastraprema. Saat ini menjabat sebagai Ketua Himpunan Wastraprema periode 2023 - 2027. Neneng Iskandar juga aktif mengedukasi masyarakat melalui berbagai pameran wastra, sebagai narasumber pada berbagai kegiatan yang berhubungan dengan wastra dan menulis buku tentang wastra, di antaranya: Putra Nusa Bunga dan Wastra NTT; (bersama Benny Gratha dan Diana Damayanti); Untaian Nilai Dalam Wastra (bersama Benny Gratha); Batik Indonesia dan Sang Empu.

Benny Gratha
Kurator wastra yang juga menekuni konservasi kain. Saat ini bekerja di Sarirasa Origin, sebuah organisasi yang bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan wastra tenun. Sebelumnya, ia bekerja di Museum Tekstil Jakarta sebagai Asisten Kurator. Ia juga aktif mengedukasi masyarakat melalui berbagai pemeran wastra dan menulis buku tentang wastra, di antaranya: Putra Nusa Bunga dan Wastra NTT (bersama Sri Sintasari Iskandar dan Diana Damayanti); Inspirasi Islam pada Batik, Batik Tiga Negeri Solo, Sebuah Legenda; Untaian Nilai Dalam Wastra (bersama Sri Sintasari Iskandar); Tradisi Tenun Ikat Nusantara (bersama Judi Achjadi); Panduan Mudah Belajar Membatik.

#PusakaIndonesia #pusakaindonesiagemahripah #wastra #wastranusantara #talkshowwastra #batik #kain #museumtekstil #eventjakarta2024


QUOTES

“Manusia tanpa cita-cita adalah mati. Cita-cita tanpa kerja adalah mimpi. Idaman yang menjadi andalan adalah kebahagiaan.”
- Ali Sadikin -
Gubernur DKI Jakarta 1966 - 1977
“Emang rejeki kagak kemane, tapi kalo lo gak kemane-mane mana mau dapet rejeki.”
- H. Benyamin Sueb -
Seniman Betawi