Seminar berjudul "Planetarium, Budaya, dan Alam Semesta" Tahun 2023

[REMINDER] Bagi Sahabat yang telah memiliki e-ticket untuk mengikuti Seminar, mohon untuk datang pukul 08.45 WIB ya.
Kuota pendaftar daring yang tidak hadir / terlambat akan dialihkan ke peserta yang mendaftar sebagai waiting list on the spot

======
Halo Sahabat Planetarium!

Pada zaman modern ini, hubungan manusia dengan alam, khususnya langit, semakin tipis. Polusi cahaya yang semakin buruk di kota-kota besar membuat kita semakin jarang menengadah ke langit untuk mengamati keindah fenomena langit. Padahal teknologi kompas dan GPS saat ini awalnya terinspirasi dari pengamatan benda-benda langit, loh!
Oleh karena itu, sejak 54 tahun yang lalu pemerintah Indonesia menghadirkan Planetarium dan Observatorium di tengah ibu kota agar dapat memfasilitasi masyarakat untuk terus mempelajari astronomi.

Pembahasan mengenai peran astronomi, khususnya melalui Planetarium dan Observatorium Jakarta, dalam memperkuat budaya di Indonesia pasti akan sangat menarik jika dibahas bersama narasumber ahli.

Untuk itu pada acara puncak PEKAN ASTRONOMI JAKARTA 2023 yang diselenggarakan oleh Planetarium dan Observatorium Jakarta Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki (UP PKJ TIM) Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, mengadakan seminar berjudul "Planetarium, Budaya, dan Alam Semesta"

bersama narasumber

Restu Gunawan (Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kemendikbudristek). Topik: Planetarium sebagai Upaya Pelestarian Budaya Nasional

Lisa Febriyanti (Peneliti Astronomi Tradisional). Topik: Astronomi Masyarakat Papua: Melihat Contoh Budaya Astronomi di Timur Nusantara

Karlina Supelli (Filsuf dan Astronom) Topik: Budaya Astronomi dan Transformasi Pemikiran Manusia

Seminar diselenggarakan pada
Hari Sabtu tanggal 12 Agustus 2023 pukul 09.00 - 13.00 WIB
di Teater Kecil, Gedung Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki

Peserta yang hadir akan mendapatkan sertifikat dan suvenir.

Sampai jumpa dan Salam Planetarium!

#PAJ2023
#planetariumjkt
#uppkjtim
#budayajakarta
#jakarta
#astronomi


QUOTES

“Manusia tanpa cita-cita adalah mati. Cita-cita tanpa kerja adalah mimpi. Idaman yang menjadi andalan adalah kebahagiaan.”
- Ali Sadikin -
Gubernur DKI Jakarta 1966 - 1977
“Emang rejeki kagak kemane, tapi kalo lo gak kemane-mane mana mau dapet rejeki.”
- H. Benyamin Sueb -
Seniman Betawi