Lestarikan Budaya Betawi, Disbud DKI Gelar Pertunjukan Ondel-Ondel di Jakarta

Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi DKI Jakarta menggelar pertunjukkan ondel-ondel di sejumlah tempat di Jakarta. Gelaran pertunjukkan itu dilakukan dalam rangka melestarikan budaya Betawi sekaligus untuk menangani permasalahan pengamen ondel-ondel. Kegiatan itu sendiri dilakukan selama sepekan, sejak 18-26 Juni 2022. Kegiatan itu sendiri akan melibatkan 35 sanggar dari seluruh Jakarta dan akan diikuti oleh 525 orang peserta.
Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana melalui siaran pers PPID DKI Jakarta, Senin, 20 Juni 2022. “Kegiatan ini diikuti oleh 35 sanggar dari seluruh Jakarta dengan total peserta 525 orang. Nantinya, sanggar-sanggar ini akan menampilkan pertunjukan ondel-ondel dinamis,” ujarnya.
Ia menambahkan, kegiatan ini mendapatkan dukungan baik dari masyarakat berkat komunikasi dan kemitraan yang kolaboratif dari berbagai pihak. Lebih lanjut, Iwan menambahkan, pagelaran ondel-ondel ini akan dilaksanakan di beberapa tempat di antaranya, Mall Kota Kasablanka, Kawasan Kota Tua, Baywalk Mall, Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki, Pekan Raya Jakarta, AEON Mall JGC, dan Kawasan Pecinan Glodok.
Perlu diketahui, kegiatan ini merupakan momen pembuktian bagi pihak swasta, terutama pusat perbelanjaan yang telah berkomitmen penuh mendukung Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta Nomor 4 tahun 2015 tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi.
Sebagai informasi, pertunjukan ini merupakan rangkaian dari kegiatan pembinaan bagi pelaku ondel-ondel di Jakarta, yaitu workshop dan pagelaran pertunjukan ondel-ondel. Sebelumnya, kegiatan workshop sudah dilaksanakan pada 7-8 Juni 2022 di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan dengan menghadirkan narasumber budayawan di antaranya, Yahya Andi Saputra, Ahmad Supandi, dan Imron Hasbullah.
SUMBER : https://www.beritajakarta.id/


QUOTES

“Manusia tanpa cita-cita adalah mati. Cita-cita tanpa kerja adalah mimpi. Idaman yang menjadi andalan adalah kebahagiaan.”
- Ali Sadikin -
Gubernur DKI Jakarta 1966 - 1977
“Emang rejeki kagak kemane, tapi kalo lo gak kemane-mane mana mau dapet rejeki.”
- H. Benyamin Sueb -
Seniman Betawi