Ritus

Tahapan Berumah Tangga Dalam Tradisi Betawi

Foto: google.com

 

Tradisi Betawi mengenal cara yang bertingkat-tingkat untuk sampai pada tahap berumah tangga. Tahapan-tahapan itu yakni:

1. Ngedelengin
Tradisi ngedelengin terjadi kalau sebuah keluarga punya anak lelaki yang sudah dewasa, sudah kerja dan pantas berumah tangga namun di jejaka tidak memperlihatkan hasrat untuk berumah tangga atau mungkin si jejaka tidak berani mendekati anak perawan padahal ia sudah ngebet. Biasanya orang tua akan menghubungi Mak Comblang untuk mencarikan None Calon Mantu.

2. Ngelamar
Bagi masyarakat Betawi ngelamar adalah pernyataan dan permintaan resmi dari pihak keluarga laki-laki (Calon Tuan Mantu) kepada pihak keluarga wanita (Calon None Mantu) dan ditegaskan bahwa Si Fulan sangat berhasrat mempersunting dan memperistrikan Fulanah. Saat itu juga keluarga pihak laki-laki mendapat jawaban persetujuan atau penolakan atas maksud tersebut.

3. Bawa Tande Putus
Acara bawa tande putus dilaksanakan seminggu setelah ngelamar. Tande putus artinya bahwa None Calon Mantu telah terikat dan tidak lagi dapat diganggu oleh pihak lain. Pada acara ini utusan yang datang menemui keluarga Calon None Mantu adalah orang-orang dari keluarga yang sudah ditunjuk dan diberi kepercayaan. Tande putus biasanya beruoa Cincin Belah Rotan.

4. Akad Nikah
Pas nyampe pada waktu nyang ude ditentuin, semua keluarga Calon Tuan Mantu, tokoh masyarakat, alim ulama, dan undangan ude pada kumpul. Maka rombongan Calon Tuan Mantu berangkat menuju rumah Calon None Mantu yang menjadi tempat pelaksanaan upacara akad nikah. Keberangkatan rombongan Calon Tuan Mantu menuju rumah Calon None Mantu ini disebut rudat. Setelah rombongan Calon Tuan Mantu masuk dan duduk bersila, Calon Tuan Mantu disediakan tempat khusus menghadap kiblat berhadapan dengan penghulu. Kemudian acara diserahkan sepenuhnya kepada Tuan Penghulu.

5. Acara Kebesaran
Acara kebesaran adalah prosesi dan narasi. Pada acara kebesaran ini terdapat Buka Palang Pintu, pertame-tame tuan rume atau Pihak Tuan Putri ame rombongan tamu atau pihak Tuan Raje Mude maen pantun-pantunan, nyang pada intinye pihak rombongan Tuan Raje Mude kudu mampu ngebuka palang pintu alias jago nyang ude disiapin oleh Tuan Putri. Kemudian menuju puade. Mempelai wanita Tuan Putri didahului dua gadis kecil sebagai pengapit memasuki ruangan menuju puade didampingi kedua orang tua, tukang rias, saudara (kakak dan adik) serta famili lain dan pengantar lainnya. Kegiatan ini diiringi lagu sirih kuning.

6. Negor
Sehari setelah akad nikah, Tuan Penganten diperbolehkan nginep di rumah None Penganten. Tuan Raje Mude harus berusaha keras membujuk dan merayu agar istrinya menerima. Bujuk rayu Tuan Raje Mude biasanya tidak hanya dengan ungkapan kata-kata indah tetapi juga dengan memberikan uang tegor. Acara negor ini bisa berlangsung berhari-hari, sampai None Penganten bersedia diajak masuk kamar.

7. Pulang Tige Ari
Acara Penganten Pulang Tiga Ari ini berlangsung setelah Tuang Raje Mude bermalam beberapa hari di rumah None Penganten. Diantara mereka telah terjalin komunikasi yang harmonis. Keberangkatan None Penganten menuju rumah Tuan Raje Mude diantar oleh beberapa orang wakil keluarga orang tuannya.

Sumber: Siklus Betawi; Ucapa dan Adat Istiadat - Dinas Kebudayaan Propinsi DKI Jakarta 2000

Bujaka - Aplikasi Budaya Jakarta

DINAS KEBUDAYAAN PROVINSI DKI JAKARTA
Jalan Gatot Subroto Kav. 40-41 Lt. 11 dan 12
Kelurahan Kuningan Timur, Kecamatan Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta, 12950
(021) 252-3164
dinaskebudayaandki@gmail.com