Gedung Pertunjukan

Gedung Teater Besar Taman Ismail Marzuki

Gedung Teater Besar dan Teater Kecil menjadi bagian tak terpisahkan dari fasilitas ruang seni dan pertunjukan yang terdapat di kompleks Taman Ismail Marzuki atau TIM. Selain balai pameran, galeri, gedung arsip, planetarium Jakarta hingga perguruan tinggi seni rupa, peran dan perfilman atau IKJ. Kompleks itu dibangun oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin dan diresmikan pada tanggal 10 November 1968. Kompleks yang dibangun di atas lahan seluas 9 hektar itu awalnya merupakan areal Kebun Binatang Jakarta dan taman rekreasi umum Raden Saleh. Namun, lantaran dinilai kurang memadai, maka lokasi Kebun Binatang Jakarta direlokasi ke Ragunan. Penamaan TIM adalah untuk mengabadikan komponis dan pahlawan nasional yaitu Ismail Marzuki.

Khusus Gedung Teater Besar Taman Ismail Marzuki (TIM) merupakan Gedung Pertunjukan untuk kegiatan seni budaya berskala besar. Fasilitas yang terdapat di gedung ini antara lain Kursi Penonton sebanyak 1.200 buah (3 lantai), Panggung berukuran 14m x 16m x 9m, Ruang VIP, Ruang Rias, Ruang Tata Suara (Sound System) dan Tata Cahaya (Lighting System), Area Lobby Tempat Tunggu Penonton, Ruang Latihan Tari, area Loading Dock barang serta Basement Parkir 1 & 2. Gedung ini juga di lengkapi dengan Eskalator dan Lift.

Alamat Gedung                : Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330

Kontak Person                  : (021) 31937530

Kapasitas Gedung            : ± 1200 Orang

(diolah dari berbagai sumber)

DINAS KEBUDAYAAN PROVINSI DKI JAKARTA
Jalan Gatot Subroto Kav. 40-41 Lt. 11 dan 12
Kelurahan Kuningan Timur, Kecamatan Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta, 12950
(021) 252-3164
dinaskebudayaan@jakarta.go.id

Kebijakan Privasi