Gedung Pertunjukan

Gedung Pertunjukan Kesenian Miss Tjitjih

Penamaan gedung pertunjukan kesenian itu diambil dari nama seorang pemain teater asal Sumedang bernama Nyi Tjitjih. Di usia remaja, Nyi Tjitjih masih bermain teater di daerah asalnya. Hingga kemudian bertemu dengan Grup Opera Valencia—kelompok sandiwara keliling asal Jawa Timur, pimpinan Sayyed Aboebakar Bafaqih yang kebetulan lagi mengadakan tur di Jawa Barat dan singgah di Sumedang pada tahun 1926. Tertarik dengan penampilannya di atas panggung, Bafaqih mengajak Nyi Tijtih yang saat itu masih berusia 18 tahun untuk bergabung dengan grup sandiwara pimpinannya. Nyi Tjitjih menerima ajakan Bafaqih dan grup Opera Valencia kemudian berubah nama menjadi Sandiwara Miss Tjitjih. Setelah berubah nama, kelompok itu berkembang pesat, dan Nyi Tjitjih semakin populer.

Pada tahun 1928, kelompok ini hijrah ke Jakarta. Pada tahun 1951, Sandiwara Miss Tjitjih mendapat tempat di Jalan Kramat Raya No.43 Jakarta Pusat. Di masa itu, kelompok teater itu mencapai puncak keemasan. Hampir setiap hari Sandiwara Miss Tjitjih melakukan pementasan dan menarik minat penonton dari berbagai daerah di luar Jakarta. Selain itu, banyak pihak memberikan apresiasi positif terhadap kelompok Sandiwara Miss Tjitjih yang dinilai telah melestarikan seni tradisional. Sepeninggal Miss Tjitjih dan Bafaqih, kelompok teater ini sempat berpindah tempat. Sebab, tempat awalnya yang berada di Jalan Kramat Raya No.43 Jakarta Pusat dijual oleh para ahli waris. Harun Bafagih, satu-satunya anak Abu Bakar Bafagih yang mempunyai jiwa seni memutuskan untuk meneruskan jejak ayahnya. Dia memulai kembali Sandiwara Miss Tjitjih dengan membangun sebuah tempat di Jalan Stasiun Angke, No.2 Jakarta Barat. Namun, pada tahun 1987, tempat itu tergusur. Setelah kelompok itu membentuk Yayasan, Pemerintah DKI Jakarta kemudian membangun Gedung Kesenian Miss Tjitjih di daerah Cempaka Baru, Kemayoran Jakarta Pusat. Kini, gedung tersebut berada di bawah naungan Dinas Provinsi DKI Jakarta. Selain digunakan untuk tempat pementasan, Gedung Pertunjukan Kesenian Miss Tjitjih juga biasa digunakan untuk latihan teater dan kegiatan seni lainnya. 

Alamat Gedung                : Jl. Kabel Pendek, RT.9/RW.2, Cemp. Baru, Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10640

Kontak Person                  : 0851-5626-8158

Kapasitas Gedung            : ± 250 Orang

(diolah dari berbagai sumber)

DINAS KEBUDAYAAN PROVINSI DKI JAKARTA
Jalan Gatot Subroto Kav. 40-41 Lt. 11 dan 12
Kelurahan Kuningan Timur, Kecamatan Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta, 12950
(021) 252-3164
dinaskebudayaan@jakarta.go.id

Kebijakan Privasi