Berita Kebudayaan

Dinas Kebudayan DKI Jakarta Fasilitasi Pameran Lukis Sarnadi Adam

Dinas Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta memfasilitasi pameran lukisan Sanardi Adam di Masjid As Sa'adah, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

"Kami memfasilitasi karena ingin penggiat seni Betawi diberi ruang berekspresi," kata Kepala Dinas Kebudayan DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana di Masjid As Sa'adah, Jakarta, Sabtu.

Menurut Iwan dengan menyediakan tempat bagi pameran lukis bertema Betawi berarti ikut berkontribusi dalam melestarikan budaya asli setempat.

Pelukis berdarah Betawi, Sanardi Adam mengaku bangga bisa berkesempatan memamerkan 40 karyanya yang menggunakan cat aklirik di kampung sendiri.

Menurutnya, kesenian dan kebudayaan Betawi itu terbilang artistik jika melihat dari beragam sudut pandang, seperti lukisannya yang berlatar belakang pesisir hingga perkampungan.

"Senin tradisi Betawi itu obyeknya sangat artistik dan menarik dari segi bentuk dan warga yang tidak dipunyai oleh negara lain, sehingga undangan kepada saya menggalir begitu saja dari luar negeri," tutur Sarnadi.

Pelukis yang sudah berkarya sejak 1975 itu mengaku seni lukis menghidupinya sebagai seniman.

Ia sangat berharap ke depannya banyak pelukis gencar mengenalkan budaya Betawi dan semakin diakui oleh para pecinta seni lainnya.

"Saya melihat di Betawi ini banyak pelukis urban, tapi mereka tidak melukiskan budaya Betawi sehingga saya sebagai orang Betawi tertantang untuk melestarikan budaya," ungkapnya.

Sarnadi menambahkan nantinya lukisannya ini akan dilelang pada 23 Oktober mendatang dan danannya akan disalurkan ke anak yatim.

Sumber: antaranews.com

DINAS KEBUDAYAAN PROVINSI DKI JAKARTA
Jalan Gatot Subroto Kav. 40-41 Lt. 11 dan 12
Kelurahan Kuningan Timur, Kecamatan Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta, 12950
(021) 252-3164
dinaskebudayaan@jakarta.go.id