Mengenal Tangas, Perawatan Spa ala Betawi

Di Indonesia khususnya di Jawa dikenal dengan lulur sebagai perawatan kulit tradisional. Sudah banyak salon kecantikan yang memperkenalkan lulur sebagai perawatan kulit secara tradisional. Lulur sendiri merupakan perawatan tradisional asal Jawa yang dulunya dilakukan oleh para putri raja dan biasa dikenal juga dengan sebutan ngadi saliro.
 
Selain lulur, di Indonesia banyak metode perawatan tradisional salah satunya asal Betawi yang bernama Tangas. Tangas adalah perawatan kulit yang ditujukan untuk para calon pengantin perempuan.
 
Perawatan tradisional ini dilakukan dengan cara diuap menggunakan bahan alami berupa rempah-rempah yang bertujuan untuk menghilangkan bau badan, menghaluskan, mengharumkan, merelaksasi otot, dan menyegarkan tubuh. Lebih lanjut lagi, perawatan Tangas ini meliputi peregangan, membersihkan tubuh atau cuci kaki, pijatan, dan luluran. Boleh jadi, Tangas merupakan perawatan kulit atau spa a la Betawi.
 
Selain untuk perawatan kulit bagi calon pengantin, Tangan juga untuk perawatan ibu hamil, setelah melahirkan. Bahan-bahan untuk ritual menggunakan daun dan rempah khas Betawi.
Rempah-rempah yang digunakan untuk tangas Betawi adalah bunga mawar, bunga melati, bunga kantil, jahe, jeruk limau, daun pandan, biji pala dan serai. Ada satu lagi bahan spesial yaitu minyak esensial ‘tangas Betawi’.
 
Bahan-bahan ini diramu dalam satu wadah, lalu ditambahkan beberapa tetes minyak esensial ‘tangas Betawi’ baru kemudian digunakan untuk tahap terakhir yaitu atau mandi uap. Proses ini adalah puncak dari seluruh perawatan tangas Betawi.
 
Proses penguapan ini dilakukan sekitar 30 menit. Pada saat rempah direbus, tubuh akan berada pada posisi duduk lalu dililit dengan kain agar uap dapat meresap pada pori-pori kulit. Perawatan ini bermanfaat untuk menghilangkan aroma tak sedap pada tubuh, menyegarkan dan mengencangkan kulit.
 
Tapi, seiring berjalannya waktu, perawatan ini juga diminati oleh banyak perempuan pada umumnya yang ingin menyegarkan dan menenangkan tubuh. Apalagi, rangkaian perawatan Tangas Betawi ini fungsinya memang untuk relaksasi, melancarkan peredaran darah, menyegarkan tubuh karena penggunaan rempahnya, hingga detoksifikasi.
 
 
Itu sebabnya, perawatan ini cocok untuk warga ibukota yang punya mobilitas cukup tinggi, karena perawatan Tangas Betawi juga bisa melemaskan otot-otot khususnya di sekitar kaki dan punggung.


QUOTES

“Manusia tanpa cita-cita adalah mati. Cita-cita tanpa kerja adalah mimpi. Idaman yang menjadi andalan adalah kebahagiaan.”
- Ali Sadikin -
Gubernur DKI Jakarta 1966 - 1977
“Emang rejeki kagak kemane, tapi kalo lo gak kemane-mane mana mau dapet rejeki.”
- H. Benyamin Sueb -
Seniman Betawi