Bentengan, Permainan Tradisional yang Seru dan Menyenangkan

Bagi para pecinta permainan digital atau gim daring yang terpasang dalam gawai, dikenal dengan Mobile Legends. Permainan ini pada prinsipnya adalah mempertahankan wilayah atau benteng kekuasaan dari serangan lawan. Ternyata, permainan jenis ini sudah ada dalam bentuk riilnya, yakni permainan tradisional Betawi ‘Bentengan’.
 
"Benteng / Bentengan" adalah salah satu permainan tradisional berkelompok yang membutuhkan ketangkasan, kecepatan berlari dan strategi yang handal. Permainan ini merupakan salah satu permainan tradisional yang sangat baik digunakan untuk berolahraga. Hal ini disebabkan karena setiap pemain harus berlari untuk menjaga benteng dan menangkap lawan. Tujuan utama dari permainan benteng ini adalah menyerang dan mengambil alih “benteng / markas” lawan.
 
Kelompok harus dibagi menjadi dua dan masing-masing kelompok beranggotakan 4-8 orang. Kemudian, tentukan tempat untuk memainkan permainan ini. Sangat disarankan untuk memilih tempat yang luas karena pemain harus banyak berlari ketika memainkan bentengan.
 
Tak hanya mengambil alih benteng, grup juga bisa menang kalau berhasil memasukkan semua lawan ke dalam ‘penjara’. Cara memasukkan lawan ke penjara adalah dengan menyentuh tubuh mereka. Orang yang sudah dipenjara juga bisa bebas dengan cara salah satu teman di grupnya menyentuh tubuh orang yang dipenjara. Penjaranya terletak di sekitar benteng.
 
Meskipun tampak mudah, permainan bentengan ini harus menggunakan strategi untuk membuatnya berhasil. Adapun strategi yang dianjurkan adalah di mana setiap anggota kelompok mendapatkan tugas, mulai dari mata-mata hingga jadi pengganggu. Mata-mata untuk mengawasi lawan yang sudah lama tidak menyentuh benteng.
 
Pengganggu yang bertugas memancing lawan keluar dari area aman. Penjaga yang bertugas menjaga bentengnya sendiri agar tidak disentuh oleh pihak lawan. Pihak penyerang harus berusaha mencari celah agar dapat segera menyentuh benteng lawan.
 
Jika setiap anggota kelompok dapat memahami tugasnya dengan baik, maka permainan bentengan ini dapat dengan mudah dimainkan dan kelompok Anda akan keluar sebagai pemenangnya.
 
Manfaat Bermain Bentengan

Permainan tradisional selalu menawarkan manfaat yang lebih banyak dibanding permainan yang sifatnya digital. Berikut adalah manfaat yang diperoleh dari bermain bentengan:
  • Melatih kecepatan dan kelincahan berlari
  • Meningkatkan daya tahan tubuh karena bentengan merupakan permainan yang melatih fisik dan sama seperti melakukan olahraga
  • Memupuk kerjasama dan kekompakan dalam kelompok
  • Membuat anak lebih aktif bergerak dan mengurangi risiko obesitas akibat kurang bergerak.


QUOTES

“Manusia tanpa cita-cita adalah mati. Cita-cita tanpa kerja adalah mimpi. Idaman yang menjadi andalan adalah kebahagiaan.”
- Ali Sadikin -
Gubernur DKI Jakarta 1966 - 1977
“Emang rejeki kagak kemane, tapi kalo lo gak kemane-mane mana mau dapet rejeki.”
- H. Benyamin Sueb -
Seniman Betawi