Malam Pacar: Mempercantik Tangan Mempelai Wanita Sebelum Hari Pernikahan

Malam pacar merupakan salah satu rangkaian ritual dalam pernikahan adat Betawi. Upacara malam pacar diadakan semalam sebelum hari pernikahan. Dalam ritual pernikahan Betawi ini, calon mempelai perempuan menghiasi kuku jari tangan dan kakinya dengan pacar.
 
Hal ini dilakukan agar calon mempelai perempuan dapat tampil cantik di hari pernikahannya. Sebelumnya, dilakukan prosesi potong centung dan ngerik bulu kalong, yaitu menghilangkan beberapa bulu halus calon pengantin menggunakan uang logam dan gunting. Malam pacar biasanya dilangsungkan setelah acara lamaran, pingitan, dan siraman.
 
Rangkaian ritual malam pacar, potong centung dan ngerik bulu kalong ini identik dengan mandi uap, yang tujuannya untuk membersihkan bekas-bekas atau sisa-sisa lulur yang masih tertinggal di pori-pori kulit di tubuh calon none mantu. Seluruh proses di proses malam pacar, potong centung dan ngerik bulu kalong dilakukan oleh seseorang yang disebut dengan tukang piara pengenten.


QUOTES

“Manusia tanpa cita-cita adalah mati. Cita-cita tanpa kerja adalah mimpi. Idaman yang menjadi andalan adalah kebahagiaan.”
- Ali Sadikin -
Gubernur DKI Jakarta 1966 - 1977
“Emang rejeki kagak kemane, tapi kalo lo gak kemane-mane mana mau dapet rejeki.”
- H. Benyamin Sueb -
Seniman Betawi