10-08-2021

RUKYAT HILAL 1 MUHARAM 1443 H

01.jpg02.jpg03.jpg04.jpg

RUKYAT HILAL 1 MUHARAM 1443 H

 

Halo Sabahat Planetarium!

Seperti yang sudah kami informasikan pada postingan sebelumnya, bahwa Tim Planetarium dan Observatorium Jakarta telah mengadakan Rukyat Muharam 1443 H di Pantai Ancol Jakarta Utara pada hari Minggu dan Senin tanggal 8 dan 9 Agustus 2021.

 

Pada hari pertama cuaca cukup cerah. Awan tipis dan sedikit tebal berada di ufuk Barat di arah Matahari. Hilal belum terbentuk karna belum terjadi Ijtimak (masih berupa Muhaq). Ketinggian Muhaq saat Matahari terbenam sekitar -1,81 derajat di bawah ufuk. Selain itu, lokasi di mana arah Matahari & Muhaq tepat menghilang dibalik ufuk ternyata tertutup oleh bangunan tinggi. Saat langit semakin gelap kami sempat melihat Planet Venus pada ketinggan 30 derajat dari ufuk Barat.

 

Hari kedua pengamatan dilakukan masih di lokasi yang sama. Berbeda dengan hari pertama, pada hari kedua cuaca di arah ufuk Barat terlihat ada beberapa gumpalan awan awan kecil di langit serta angin yang berhembus kencang dari arah Timur-Utara. Citra Matahari terakhir yang dapat kami observasi pukul 17.43 WIB. Kemudian, setelah Matahari terbenam pukul 17.54 WIB teleskop diarahkan ke posisi Hilal. Butuh waktu sekitar 13 menit untuk dapat melihat citra Hilal yang didapat dari hasil foto kamera. Hilal cukup tipis dan redup karena tertutupi oleh lapisan awan tipis, sehingga cahaya Hilal tidak dapat teramati secara kasat mata maupun dengan alat bantu teleskop.

 

Sahabat dapat melihat siaran ulang kegiatan Rukyat Hilal Zulhijah 1442H di kanal Youtube Planetarium & Observatorium Jakarta.

 

Sampai jumpa di kegiatan selanjutnya!

 

#rukyat

#hilal

#muharam

#1443h

#astronomi

#planetariumjakarta

#uppkjtim