11-10-2021

Penomena Astronomi Pekan Ini

Astronomi_Oktober.jpeg

Halo sahabat Planetarium!

Mari kita lihat baersama yuk, fenomena astronomi apa saja yang dapat kita amati dalam sepekan ini!

 

Bulan berada pada fase separuh awal yang puncaknya terjadi pada hari Rabu tanggal 13 Oktober 2021 pada pukul 10.25 WIB. Sahabat baru dapat mengamatinya ketika matahari telah terbenam hingga Bulan terbenam pada tengah malam pukul 00.39 WIB.

 

Bulan akan berkonjungsi dengan planet Saturnus pada hari Kamis tanggal 14 Oktober 2021 pada pukul 19.00 WIB. Sahabat dapat mengamati fenomena ini hingga Saturnus terbenam pada Jum'at dini hari pukul 01.08 WIB.

 

Bulan kembali berkonjungsi, dan kali ini dengan planet Jupiter. Puncak fenomena ini terjadi pada hari Jum'at tanggal 15 Oktober 2021 pukul 19.00 WIB. Sahabat dapat mengamati fenomena ini hingga Jupiter terbenam pada Sabtu dini hari pukul 02.04 WIB.

 

Bagi sahabat pecinta Bulan, jangan sampai terlewatkan kegiatan Internaional Observe the Moon Night yang merupakan kegiatan mengamati Bulan bersama yang dilakukan secara global. Sahabat dapat mengamati Bulan hingga Bulan terbenam pada hari Minggu dini hari pukul 03.08 WIB.

 

Itu tadi fenomena astronomi yang dapat sahabat amati dalam sepekan ini. Jangan sampai ketinggalan ya, dan semoga langit cerah!

 

Salam Planetarium!

 

#fenomenaastronomi

#astronomi

#planetariumjkt

#uppkjtim

#budayajakarta

#jakarta