16-09-2021

Perahu Lancang Kuning

lancang-kuning.jpg,
 
Lancang kuning salah satunya merupakan nama kapal kebanggaan rakyat Melayu Riau sejak ratusan tahun lalu. Sebagaimana yang dapat kita lihat dalam pameran temporer Perahu Tradisional Museum Bahari, lancang artinya melaju kencang, dan kuning merupakan warna lambang martabat dan kehebatan rakyat Melayu Riau yang selalu bisa ditemukan di pakaian, riasan, dan upacara adat.

Kapal ini digunakan sebagai kendaraan resmi para raja dan juga sebagai perahu komando dalam Angkatan Laut kerajaan. Sesuai dengan fungsi dan kegunaannya, tak heran jika Kapal Lancang Kuning dengan bentuknya yang panjang, rendah dan ramping serta memiliki bangunan rumah (magun) di bagian buritannya akan terlihat mewah dan anggun setiap kali berlayar.

Penggunaan nama lancang kuning tidak hanya disematkan pada kapal kebanggan rakyat Melayu Riau ini saja, tetapi juga menjadi sebutan atau nama lain bagi Kepulauan Riau, juga menjadi judul sebuah lagu rakyat Riau yang berisikan pesan bahwa untuk melayarkan sebuah perahu, maka nakhoda haruslah paham akan perahu yang ingin ia layari.