13-08-2021

Dokumentasi Rukyat Hilal 1 Muharram 1443 Hijriah

01-Kegiatan.JPG102-Kegiatan.JPG203-Kegiatan.jpg304-Kegiatan.jpg408-Kegiatan.JPG


Sehubungan dengan masih diberlakukannya PPKM Darurat di wilayah Jawa-Bali, maka kegiatan Rukyat Hilal 1 Muharam 1443 H kali ini dilakukan di Pantai Ancol Jakarta Utara dengan pembatasan jumlah petugas serta mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Berdasarkan hasil Hisab, hari Rukyat Hilal Muharam 1443 H jatuh pada hari Minggu tanggal 8 Agustus 2021 (29 Zulhijah 1442 H). Sehingga tim Planetarium dan Observatorium Jakarta mengadakan kegiatan Rukyat Hilal Muharam 1443 H pada tanggal 8 dan 9 Agustus 2021. Namun pada hari Rukyat (29 Zulhijah), anak Bulan atau Hilal belum terbentuk (belum terjadinya Ijtimak). Bulan terbenam 5 menit 51 detik lebih awal dari Matahari. Sedangkan Ijtimak baru terjadi pada pukul 20.50.49 WIB. Sehingga pada hari pertama kegiatan hanya berupa observasi Matahari dan diskusi daring mengenai Hisab dan Rukyat Muharam 1443 H, sedangkan hari kedua baru observasi Hilal awal Muharam. Seluruh kegiatan observasi dan diskusi kami siarkan secara langsung melalui kanal Youtube Planetarium & Observatorium Jakarta.

Secara keseluruhan, kegiatan kali ini berjalan dengan lancar meskipun cuaca di lokasi pengamatan pada hari kedua sedikit kurang mendukung kegiatan observasi kami. Namun, kami tetap melaporkan hasil observasi serta pembahasannya dengan harapan dapat menjadi edukasi untuk masyarakat secara umum mengenai aktivitas keastronomian.

Tak lupa kami ucapkan terima kasih banyak kepada pihak @ancoltamanimpian atas kerjasamanya memfasilitasi kegiatan Rukyat Hilal Muharam 1443 H. Semoga pandemi ini cepat berakhir dan kita semua senantiasa dalam kondisi sehat walafiat.

Tim Rukyat Hilal:
1. Victor Doloroso (Koor. Lapangan)
2. Drs. Widya Sawitar (Narasumber)
3. Suratno (Dokumentasi)
4. Sukaeri (Operator KDO Khusus)
5. Mila Izzatul Ikhsanti (Moderator)
6. Ronny Syamara (Astrofotografer)
7. Azis Taz Sunjaya (Tim Teleskop)
8. Dmirza Pahlavi (Operator Streaming)
9. Saeful Bahri (Teknisi)

#rukyat
#muharam
#hilal
#astronomi
#planetariumjakarta
#uppkjtim