MUSEUM M.H THAMRIN


Jakarta, Indonesia
 

MOHAMMAD HUSNI THAMRIN


             124 tahun yang lalu Mohammad Husni Thamrin lahir, alias Bang Ni, pada hari Jum’at tanggal 16 Februari 1894 di pinggiran kota Betawi, yakni Sawah Besar yang terletak di sebelah utara pinggiran Molenvliet Timur. Ayah nya bernama Thamrin Muhammad Tabrie dan ibunya bernama Nurhamah. Ayah MH. Thamrin adalah seorang pegawai Pamong Praja berpangkat Wedana. Kakek Muhammad Husni Thamrin bernama Ort orang Berkebangsaan Inggris dan seorang pengusaha hotel di Petojo dan daerah Suka bumi, Nenek MH. Thamrin bernama Noeraini.
          Semasa kecil Thamrin sudah menunjukan jiwa sosialis nya dengan tidak hanya bermain dengan anak – anak Wedana, tetapi juga bermain dengan anak – anak kampung dipinggir kali dan bermain bola dilapangan yang becek, semasa kecilnya Thamrin sering dipanggil dengan sebutan Mat seni kebiasaan orang – orang Betawi dulu suka menyingkat nama, dari pengalaman masa kecil nya lah yang membuat Thamrin menjadi anggota Dewan yang paham betul keluh kesah masyarakat pribumi dipinggiran dan menjadikan nya motivasi untuk memperbaiki keadaan sosial yang ada.

            Pada tahun 1901 Muhammad Husni Thamrin pernah bersekolah di Bijbel school Pasar baru, dan berlanjut di sekolah Institut Bosch dimana ia diberi nama Indo Belanda yaitu “Jacob” agar dapat diterima disini, sampai kesekolah lanjutan terakhir di Sekolah Koning Willem III sat itu setara dengan HBS di Salemba Raya. Thamrin terlihat menonjol dalam pelajarannya dan pergaulan. Setelah selesai sekolah ...

Selengkapnya  

BERITA DAN ARTIKEL TERKINI

AGENDA KEGIATAN

JELAJAH

TIKET DAN INFORMASI

Tiket

PETA LOKASI