Tape Uli

Posted July 19, 2018
Written by

Kombinasi dari dua panganan, yaitu uli-sebutan untuk ketan dan tapai ketan hitam. Gurih uli menyeimbang manisnya tape ketan hitam. Tape uli termasuk primadona suguhan di Hari Raya Idul Fitri warga Betawi, walupun hari-hari biasa, tetap ada yang menjual. Perlu kesabaran extra untuk membuat tape uli. Yang pertama, membuat tape ketan hitam. Ketan hitam yang sudah dikukus, akan di fermentasi dengan ragi selama 3 hari. Rahasia sukses membuat tape ketan hitam yang sempurna terletak pada kebersihan peralatan dan bahan-bahan yang digunakan. Saat tape siap, maka saatnya membuat tape uli, ketan dimasak bersama santan dan kelapa parut. Dalam keadaan panas, ketan ditumbukhingga halus. Lalu dibungkus dengan daun pisang seukuran porsi satu orang. Uli disebut prima bila terasa gurih dan lembut.

            Menu ini mirip dengan yang dinikmati di Sumatera Barat, namun di daerah Minang yang digunakan untuk teman santap tapai ketan bukan uli, melainkan ketupat ketan (ketannya tidak ditumbuk halus) yang dimasak dalam santan gurih. Di Sumatera Barat sajian ini juga lazim dihidangkan saat hari Raya Idul Fitri.

 

Resep Tape :

1.      Beras Ketan

2.      Air

3.      Pasta pandan

4.      Air hangat

5.      Ragi tape bulat

6.      Gula kastor

Resep Uli :

1.      Ketan putih

2.      Santan kelapa

3.      Kelapa parut yang dikukus

4.      Daun pisang

Cara membuat

Tape :

1.      Beras ketan dicuci hingga bersih, dan direndam dalam air. Pasta pandan lalu dimasukkan dan dibiarkan selama 1 malam, lalu ditiriskan dikukus sebentar.

2.      Air panas disiramkan kedalam ketan kukus yang masih panas, lalu diaduk rata dan dikukus kembali hingga 15 menit.

3.      Ragi tape lalu dihaluskan.

4.      Ketan disusun di dalam tempat tertutup, diberi ragi dan gula, hingga ketan habis. Setelah itu ditutup rapat dan didiamkan selama 3 hari.

 

 

Uli :

1.      Ketan putih direbus dengan santan dan diberi sedikit garam hingga aron, lalu diaduk terus menerus.

2.      Ketan dikukus hingga matang lalu diangkat dan dicampurkan kelapa parut yang sudah dikukus.

3.      Ketan ditumbuk hingga halus.

4.      Ketan dibungkus dengan daun pisang, didinginkan dan siap dipotong. Disajikan bersama dengan tape uli.