Salak Condet

Posted July 5, 2018
Written by
Category Hewan & Tumbuhan

Salak Condet

Nama Latin salak condet adalah Salacca edulis. Dalam bahasa Inggris disebut snake fruit yang artinya buah ular karena bersisik seperti ular. Tanaman salak tumbuh pada ketinggian kira-kira 7 m dpl (di atas permukaan laut) pada tanah latosol merah kuning sampai cokelat.

Dulu, jenis salak ini banyak tumbuh di kawasan Cagar Budaya Condet, Jakarta Timur. Buahnya agak sulit dibedakan dengan jenis salak lain. Bentuk buahnya bulat telur terbalik mengarah ke bulat. Kulit buahnya bersisik agak besar dan berwarna cokelat sampai kehitaman. Daging buahnya tebal, masir, kesat, dan tak berair serta berwarna putih kekuningan. Rasanya bervariasi, dari kurang manis sampai manis. Salah satu keistimewaan salak condet adalah aromanya yang wangi. Bahkan, harum salak ini sudah tercium dari jarak sekitar 2 m. Ukuran buahnya bervariasi dari kecil, sedang, sampai besar.

Pada tahun 1989, elang bondol dan salak condet dijadikan sebagai maskot kota Jakarta. Hal itu bisa dilihat di kawasan Cempaka Putih. Di sana terdapat sebuah patung tegak berdiri, yakni patung "burung bondol membawa salak condet".