Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Posted July 9, 2018
Written by
Category Permuseuman

Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( Science Center) atau disingkat PP-IPTEK merupakan salah satu sarana pembelajaran luar sekolah untuk menumbuh kembangkan budaya ilmu pengetahuan dan teknologi secara mudah, menghibur, berkesan dan kreatif. PP-IPTEK berada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah. Ggasan pendiriannya berawal dari Mentri Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Prof.Dr.B.J.Habibie dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 April 1991. Pada mulanya, gedung ini dibangun bersamaan dengan terminal B Skylift-TMII di atas lahan seluas 1.000 m2.

Pada tahun 1995, PP-IPTEK menempati gedung baru terletak di poros utama kawasan timur Taman Mini "Indonesia Indah" menghadap Monumen Persahabatan KTT Non Blok. Gedung ini bergaya arsitektur futuristic dengan luas bangunan 24.000 m2 di atas lahan 42.300 m2, dan merupakan bangunan besar yang menempati areal terluas ke dua di TMII.

PP-IPTEK dibangun dengan maksud untuk memperkenalkan kepada msayarakat luas terkait perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia. Peragaan di PP-IPTEK sendiri dibuat menyenangkan dan menghibur dengan berbagai program dan peragaan yang interaktif. Pengunjung dapat mengembangkan motivasi dalam memahami prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mudah dan berkesan melalui 250 alat peraga yang bisa disentuh, dipegang dan dimainkan. Peraga disiapkan untuk anak-anak dari taman kanak-kanak (TK) sampai dengan sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) dan di sediakan lembar kerja sains yang akan memandu anak didik untuk belajar ilmu pengetahuan dan teknologi agar lebih terarah dan intensif. Beberapa alat peraga menantang misalnya sepeda layang, roket air, try science, generator van de graft, dan simulator gempa bumi. Disamping itu pengunjung bisa menyaksikan film-film ilmiah yang diputar di ruang auditorium berkapasitas tempat duduk 130 orang untuk menambah ilmu pengetahuan yang menghibur dan dapat memahami sains dengan cara yang mudah dan menyenangkan.