Museum Sasmitaloka Ahmad Yani

Posted July 5, 2018
Written by
Category Permuseuman

Terletak di Jl. Lembang No. 58, Menteng, Jakarta Pusat. Bangunan museum bergaya arsitektur Indische, dibangun sekitar tahun 1930 pada saat pengembangan wilayah Menteng. Museum ini semula adalah rumah tinggal pejabat maskapai swasta Belanda/Eropa yang pada tahun 1950-an dikelola oleh Dinas Perumahan Tentara, kemudian dihuni oleh Letjen A. Yani dalam kedudukannya sebagai perwira tinggi TNI-AD dengan jabatan terakhir Menteri dan Panglima Angkatan Darat RI.

Keberadaan museum ini terkait dengan aspek kesejarahan Jakarta. Di tempat inilah terjadi peristiwa dimana Menteri/Panglima Angkatan Darat Letjen Ahmad Yani diculik dan dibunuh oleh gerombolan PKI dan antek-anteknya pada tanggal 30 September 1965 atau dikenal dengan Peristiwa Pemberontakan G30S/PKI. Pada tanggal 1 Oktober 1966, Jenderal TNI Soeharto yang kala itu menjadi Menteri/Panglima Angkatan Darat meresmikan Museum Pahlawan Revolusi Jenderal A. Yani ini.

Museum ini terbagi atas beberapa ruangan yaitu, Ruang Tunggu, Ruang Ajudan, Ruang Santai, Ruang Khusus, Ruang Makan, Ruang Tidur Jenderal A. Yani, Ruang Tidur Putera-puteri Jenderal A. Yani, Ruang Dokumentasi Foto, dan Ruang Pahlawan Revolusi. Pada Ruang Tunggu, dipamerkan koleksi asli kursi tamu Jenderal A. Yani dan cenderamata dari beberapa daerah dan luar negeri. Ruang Ajudan menampilkan dokumentasi foto, buku referensi, dan tanda pangkat Jenderal A. Yani. Ruang Santai biasa digunakan Jenderal A. Yani untuk melepas lelah, membaca buku, bercengkrama dengan keluarganya, dan beberapa koleksi Jenderal A. Yani juga ditampilkan di ruangan ini. Ruang Khusus digunakan Jenderal A. Yani untuk bekerja, ruangan ini biasanya digunakan untuk briefing dengan para asisten Menteri atau Panglima Angkatan Darat. Di Ruang Makan terpajang kolaksi tanda penghargaan dari dalam dan luar negeri, dokumentasi foto, lukisan, gading gajah, lokasi gugurnya Jenderal A. Yani, lemari, pintu kaca berlubang bekas tembakan Cakrabirawa, dan foto Pahlawan Revolusi.

Pada Ruang Tidur Jenderal A. Yani terdapat bekas sambaran petir pada awal jabatan Menteri/Panglima Angkatan Darat dan beberapa koleksi lain milik Jenderal A. Yani. Ruang Tidur Putera dan Puteri Jenderal A. Yani berisi koleksi pakaian kebesaran saat menerima gelar “Kapitan Besar Pattimura”, pakaian dinas, dan rokok Lucky Strike. Ruang Dokumentasi Foto dipajang foto-foto Jenderal A. Yani sewaktu dinas aktif mengabdikan diri kepada bangsa dan negara. Dan terakhir ruang Pahlawan Revolusi menampilkan beberapa pakaian, tanda pangkat, dan koleksi pribadi para Pahlawan Revolusi.

Alamat:

Jalan Lembang D 58, Menteng, Jakarta Pusat

Waktu kunjung:

Selasa-Minggu pukul 08.00 – 14.00