Museum Purna Bhakti Pertiwi

Posted July 9, 2018
Written by
Category Permuseuman

Museum Purna Bhakti Pertiwi merupakan salah satu museum yang berada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah. Museum ini dibangun oleh Yayasan Purna Bhakti Pertiwi selama 5 tahun 26 Desember 1987 s/d 26 Desember 1992 atas gagasan Ibu Tien Soeharto dalam upaya mengungkap rasa syukur dan penghargaan yang tinggi atas peran serta dan dukungan masyarakat Indonesia dan mancanegara, serta keinginan beliau agar koleksi barang-barang keluarga Pak Harto termasuk cenderamata yang diperoleh dari para sahabat dan kenalannya selama masa pengabdiannya kepada nusa dan bangsa dapat dinikmati oleh Masyarakat luas. Museum ini dibangun di atas lahan seluas  19,73 Ha dan diresmikan pada  tanggal 23 Agustus 1993. Museum ini dipersembahkan untuk seluruh rakyat Indonesia dari Keluarga Bapak Soeharto.

Museum Purna Bhakti Pertiwi terbagi atas 3 bangunan yaitu Bangunan Utama, Bangunan Penunjang, dan Tata Ruang Luar. Bangunan Utama seluas + 2,5 ha ini, terdiri atas satu bangunan kerucut utama dan empat kerucut sedang, berfungsi sebagai ruang pameran. Di tempat ini terdiri dari beberapa ruangan, seperti  Ruang perjuangan, Ruang utama, Ruang Khusus, Ruang Asthabrata dan Perpustakaan ini menyimpan koleksi benda-benda bukti sejarah perjuangan dan pengabdian Bapak Soeharto, serta perang kemerdekaan sampai masa pembangunan, benda-benda seni, koleksi keluarga, cenderamata dari teman dan sahabat, tanda-tanda kehormatan dari dalam dan luar negeri, dan yang tak kalah menarik menariknya adalah ajaran dasar-dasar kepemimpinan “Asthabrata” yang divisualisasikan secara artistik dan sistimatis dalam adegan wayang.

Bangunan penunjang terdiri atas gerbang penerima, kios cenderamata, kafetaria, kantor pengelola, musholla, shelter, restoran, arena bermain untuk anak-anak dan sangkar burung merak putih berfungsi sebagai penunjang operasional MPBP.  Sedang tata ruang luar yang berfungsi sebagai area rekreasi dan penghijauan ini terdiri atas berbagai area taman dan tanaman langka khas Indonesia.