Museum POLRI

Posted July 5, 2018
Written by
Category Permuseuman

Museum POLRI diresmikan pada tahun 2009. Sebelumnya museum ini bernama Museum Krimonologi yang didirikan pada tahun 1958. Museum ini didirikan oleh Polri Republik Indonesia (Polri). Tujuan didirikannya museum ini adalah untuk melestarikan dan mengkomunikasikan sejarah POLRI kepada masyarakat.

Di halaman luar museum ini terdapat panser Brimob dan helikopter yang biasa digunakan oleh pengunjung sebagai tempat berfoto. Di lobi museum, pengunjung disambut dengan mobil patroli polisi yang diperbolehkan untuk dimasuki. Museum POLRI memanjakan pengunjungnya dengan konsep experience, yakni membolehkan pengunjung untuk mengalami dan merasakan layaknya polisi yang dapat menggunakan benda-benda atau alat transportasi. Di ruang koleksi museum dipamerkan benda-benda yang dahulu digunakan untuk operasional POLRI dari masa ke masa. Di ruangan ini juga dilengkap foto-foto untuk menunjukkan perkembangan penggunaan teknologi dan operasional penangkapan. Setelah Ruang Koleksi dan Peristiwa, alur pameran berpindah ke Ruang Sejarah. Pada ruangan ini pengunjung dapat mengetahui sejarah POLRI mulai dari era prakolonial hingga masa kini.

Ruangan selanjutnya adala Ruangan Hall of Fame, di ruangan ini dipajang foto-foto, cuplikan kata-kata mutiara, dan memorabilia KAPOLRI terdahulu. Lantai 2 museum ini menyediakan Kids Corner, di sini anak-anak dapat mencoba menggunakan seragam polisi dan berfoto serta memaikan permainan detektif yang terpasang di dinding. Museum POLRI juga menampilkan kisah-kisah lain di balik deskripsi pekerjaan polisi, misalnya mengenai R.A.J. Soedjasmin, Karel Satsuit Tubun, dan cerita perjuangan polisi di Pertempuran Rumbati, Fak Fak, Papua tahun 1962.

Salah satu keunikan Museum POLRI lainnya adalah narasi yang ditampilkan di museum tidak hanya cerita masa lalu, tetapi juga kasus-kasus yang relevan dengan masa kini. Pada lantai 3 museum, pengunjung dapat melihat seragam polisi pasukan perdamaian dunia, informasi mengenai Akademi Kepolisian, dan pameran temporer. Pengunjung juga disugugi pemutaran film di Ruang Audiovisual mengenai sejarah dan dedikasi POLRI untuk masyarakat.

Alamat:

Jalan Trunojoyo No.3, Kebayoran baru, jakarta Selatan 12110

Telepon: 021-7210654

Waktu Kunjung:

Selasa-Minggu Pukul 09.00-16.00 WIB