Museum Olahraga

Posted July 9, 2018
Written by
Category Permuseuman

Museum Olahraga merupakan salah satu museum yang berada di dalam kawasan Taman Mini Indonesia Indah. Museum ini diresmikan pada tanggal 20 April 1989 oleh Presiden Soeharto. Bentuk bangunan museum ini cukup unik, karena berbentuk bola. Bangunan museum ini berdiri di atas tanag seluas 1,5 Ha dengan luas bangunan 3.000 m2.

Ruang koleksi pada museum ini terbagi atas beberapa ruang dalam tiga lantai. Pada lantai dasar, lobby gedung ini menampilkan motto yang mencerminkan nilai hakiki olahraga tentang sportivitas dan perjuangan. Koleksi yang dipamerkan pun meliputi sejarah olahraga antar bangsa yang menampilkan perjuangan bangsa Indonesia dalam mengikuti kegiatan olahraga serta menampilkan para tokoh dan pejuang di bidang olahraga. Lantai dua museum ini menampilkan ruang pamer olahraga berprestasi, menampilkan pelbagai alat olahraga dan penghargaan berupa medali dan piala para atlit yang telah mengharumkan nama bangsa Indonesia, permainan tradisional, menampilkan sejumlah alat permainan tradisional dari berbagai provinsi, serta PON, dari yang pertama sampai PON-9, serta alat perwasitan yang digunakan oleh Soewandito.

Lantai tiga terdiri atasruang pamer diorama yang menampilkan permainan tradisional dari berbagai provinsi dalam bentuk lukisan dan patung dengan ukuran sebenarnya. Di samping itu, museum juga memaparkan sejarah singkat olahraga tradisional, antara lain anggar, atletik, bulu tangkis, panahan, pencak silat, sepak bola, tennis lapangan dan bola voli.