Museum Layang-layang

Posted July 5, 2018
Written by
Category Permuseuman

Museum Layang-Layang yang diresmikan tahun 2003 bertujuan untuk melestarikan layang-layang sebagai permainan tradisional Indonesia. Museum ini berada di rumah pribadi yang memiliki halaman terbuka luas dan di desain dengan gaya tradisional. Koleksi museum terletak di ruang pameran tetap yang berbentuk seperti rumah Joglo lengkap dengan pendoponya. Sebelum dipandu untuk berkeliling, pengunjung akan disuguhi film pendek tentang layang-layang di Ruang Auditorium. Setiap di akhir tur,  pengunjung diberikan kesempatan untuk mencoba membuat layang-layang sendiri. Kertas dan rangka untuk membuat layang-layang sudah di sediakan di museum ini.

Di setiap awal tur, pemandu akan menjelaskan kepada pengunjung bahwa layang-layang dibagi menjadi tiga kategori: layang-layang tradisional, layang-layang kreasi, dan layang-layang olahraga. Museum ini memiliki koleksi layang-layang tradisional dari wilayah Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara. Di bagian dalam ruang pamer museum diceritakan pula mengenai sejarah layang-layang. Pada umumnya, diakui layang-layang pertama berasal dari Cina sekitar 2500 tahun yang lalu. Namun, pada 3500 tahun lalu sudah ditemukan gambar layang-layang di Pulau Muna, Sulawesi. Di museum ini juga dijelaskan pula perbedaan penggunaan layang-layang di Amerika dan Asia. Di Amerika sendiri, layang-layang digunakan sebagai kepentingan penelitian, misalnya penelitian mengenai cuaca. Sedangkan di Asia digunakan untuk ritual kebudayaan.

Museum Layang-Layang juga memiliki koleksi lain dari berbagai negara yang dipamerkan di bagian belakang museum. Layang-layang tersebut berasal dari Brunei, Vietnam, Jepang, Korea, Kamboja, Cina dan Swedia. Selain itu, museum ini memiliki koleksi pin dan logo-logo festival layang-layang yang telah diselenggarakan di Indonesia maupun mancanegara. Di museum ini, pengunjung dapat memperoleh banyak informasi terkait layang-layang. Meskipun bangunannya tergolong tidak terlalu besar, namun informasi yang disimpan dalam museum ini cukup melimpah.

 

Alamat:

Jl. H. Kamang, No. 38, Pondok Labu, Jakarta 12450

Telepon: 021-7658075

Faksimili: 021-7505112

Laman: www.museum-layang.com