Museum Joang '45

Posted July 9, 2018
Written by
Category Permuseuman

Gedung ini terletak di Jl. Menteng Raya No. 31, Menteng, Jakarta Pusat. Dibangun oleh L.C Schomper tahun 1939 sebagai hotel dan diberi nama "Hotel Schomper". Hotel itu pada masanya merupakan hotel termewah di Jakarta yang merupakan tempat persinggahan sementara bagi para pejabat Belanda dan pejabat pribumi yang datang ke Jakarta. Pada masa pendudukan Jepang, gedung ini digunakan sebagai markas Seidenbu atau Jawatan Propaganda Jepang. Sejak Juli 1942 dijadikan tempat pendidikan para pemuda Indonesia yang diprakarsai oleh Jepang untuk membantu dan menyokong pemerintahan Jepang di Indonesia.

Karena banyaknya pemuda Indonesia yang dididik dan menetap di sini, maka gedung ini dikenal dengan nama "Asrama Angkatan Baru Indonesia" yang melahirkan kelompok pemuda dengan nama "Pemuda Benteng" yang merupakan kumpulan para tokoh muda Indonesia dan nantinya merupakan tokoh-tokoh penting yang memimpin lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Museum Joang 45 diresmikan menjadi museum pada tanggal 19 Agustus 1974. Gedung ini besar peranannya terutama pada masa membela dan mempertahankan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, juga sebagai wahana pelestarian semangat dan nilai-nilai 1945.

Museum memamerkan benda-benda koleksi yang pada waktu itu digunakan oleh para pejuang Indonesia. Jumlah koleksi-koleksi yang dimiliki museum ini ±1000 buah, yang meliputi; Koleksi foto reproduksi berupa foto para tokoh Pahlawan Nasional dan juga foto peristiwa-peristiwa perjuangan kemerdekaan Indonesia; Koleksi patung dada para Proklamator RI; Koleksi atribut perjuangan meliputi tanda pangkat BKR, TKR, dan TRI yang digunakan selama perang kemerdekaan; Koleksi mobil Dinas Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Moh. Hatta; dan Koleksi film dokumenter perjuangan.