Museum Alkitab

Posted July 9, 2018
Written by
Category Permuseuman

Museum Alkitab merupakan bagian dari Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) yang berada di Jalan Salemba Raya Nomor 12, Jakarta Pusat. Museum ini terletak di lantai dua Gedung Pusat Alkitab. Museum ini didirikan pada tahun 2012. Tujuan pendirian Museum Alkitab adalah untuk membantu umat Kristiani dan masyarakat umum dalam mengakses informasi di bidang bilbika dan kealkitaban. Selain itu, kehadiran museum ini untuk memudahkan masyarakat mempelajari sejarah Alkitab dan kemudayaan masyarakat pada masa penulisan Alkitab. Museum ini dibuka untuk umum, dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

Sebelum diberi nama Museum Alkitab, tempat ini sudah didirikan pada 25 Juli 2002 dengan nama Perpustakaan dan Museum Bilbika. Konsep museum dibuat seperti galeri dan secara garis besar koleksi museum berupa Alkitab dalam berbagai bahasa di dunia, manuskrib Alkitab dan bagian-bagian Alkitab terkait sejarah penerjemahan Alkitab di dunia, serta artefek pada masa kebudayaan Alkitab.

Koleksi yang ditampilkan pada museum ini beranekaragam, koleksi terdepan berupa tablet tanah liat dengan tulisan Cuneiform (huruf Paku) yang berasal dari kebudayaan di Mesopotamia (sekarang Irak). Replika gulungan naskah Laut Mati merupakan primadona lain di mueseum ini. Adapun tempat penyimpanan naskah-naskah Alkitab yang beradal dari abad ke-1 SM diletakkan di dalam tabung tanah liat. Koleksi Alkitab tertua yang ditampilkan di museum ini adalah Perjanjian Baru yang berbahasa Yunani keluaran tahun 1588. Di tempat lain pada museum ini terpajang perkamen, gulungan kulit (hewan) berbahasa Ibrani. Koleksi terbanyak Museum Alkitab ini adalah Alkitab berbahasa Melayu dan berbagai Alkitab yang ditulis dalam 26 bahasa daerah di Indonesia, termasuk Alkitab beraksara Madura dan Bugis. Alkitab terbesar di dunia terbitan tahun 2010 yang telah masuk ke dalam catatan Museum Rekor Indonesia menjadi koleksi istimewa di sini. Alkitab tersebut berukuran 208 cm x 147 cm dan diletakkan di lobi Gedung Pusat Alkitab. Selain itu terdapat pula Alkitab terkecil dengan ukuran 3,5 mm x 3,5 mm produksi Gutenberg Museum yang berisi doa Bapak Kami dalam enam bahasa.

Alamat:

Jalan Salemba Raya Nomor 12, Jakarta Pusat 10430

 

Telpon: 021 – 3142890

Faksimili: 021 – 3101061

Surel: wulan@alkitab.or.id atau irin@alkitab.or.id

Website: www.alkitab.or.id

 

Waktu Kunjung:

Senin-Jumat pukul 08.00 – 16.00 WIB

Sabtu pukul 09.00 – 15.00