Taman Cakung

Posted May 17, 2018
Written by
Taman Cakung
Alamat Jalan Raya Bekasi RT 010/03 Kelurahan Ujung Menteng, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur
Luas                1.663 m2     
Fasilitas Taman bermain anak-anak, fasilitas olahraga untuk dewasa, lampu taman dan berbagai kursi
Jenis Vegetasi pohon Bintaro (Cerbera manghas), Bakung (Hymenocallis sp.), rumput Gajah (Axonopus compressus)

Latitude

Longitude

-6.1859856,106.9300287

Pembebasan lahan RTH Jalan Raya Bekasi RT 010/03 Kelurahan Ujung Menteng, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur dilaksanakan pada tahun 2012. Luas RTH tersebut adalah 1.663 m2.

Taman Cakung adalah taman lingkungan yang dibangun untuk melayani kebutuhan masyarakat sekitar. RTH ini termasuk  ke  dalam  tipologi  taman  lingkungan,  sehingga  arah pengembangan ekologisnya  tidak  hanya  berfungsi  secara  maksimal,  tetapi  juga  mampu  mengakomodasi kebutuhan rekreasi masyarakat sekitar terhadap taman pada  skala  lingkungannya.  Di lingkungan perumahan yang relatif padat, ruang terbuka ini memainkan peran ganda yang sangat penting. Taman Cakung adalah penyeimbang kepadatan ruang terbangun yang baik karena udara dapat mengalir dengan leluasa disini. Secara sosial taman ini juga sangat diminati terutama oleh anak-anak karena memiliki fasilitas bermain yang memadai.

Taman yang ditata cantik ini memiliki fasilitas bermain di tengah-tengahnya yang terhubung dengan jalur pedestrian dari pintu masuk. Vegetasi dominan adalah pohon Bintaro (Cerbera manghas) yang masih berusia muda, dan Bakung (Hymenocallis sp.) sebagai tanaman border, serta rumput Gajah (Axonopus compressus) yang tertanam bagus. Fasilitas lain adalah lampu taman dan kursi-kursi.


Gambar Ilustrasi (Sumber Foto: Beritajakarta)