Permainan Orang Kaya Orang Miskin

Posted May 13, 2018
Written by
Category Permainan

Permainan Orang Kaya Orang Miskin adalah permainan yang dimainkan oleh anak dalam jumlah yang banyak. Seluruh pemain dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok orang kaya (A) dan kelompok orang miskin (B). Masing-masing kelompok berbaris berjajar dan saling berhadapan. Jarak berhadapan sekitaran satu meter. Pemain kelompok A maju terlebih dahulu sambil menyanyikan syair “saya orang kaya, saya orang kaya” dengan tangan saling berpegangan. Pada saat kelompok orang B menjawab “saya orang miskin, saya orang miskin” sambil maju berjalan dengan berpegangan tangan, kelompok A akan mundur juga dengan saling berpegangan. Perhatikan gambar.

 

Berikutnya kelompok A akan maju dan menyanyian syair “saya minta anak, saya minta anak”, sementara kelompok B mundur. Kembali kelompok B maju dan menyanyikan syair “namanya siapa?, namanya siapa?”, dan kelompok A mundur. Selanjutnya kelompok A maju lagi menyanyikan syair lagu “namanya si …”, lalu dijawab “si … lekas datang, si … lekas datang” sambil mengantarkan anggotanya yang namanya disebut tadi.

Pengembangan lagu permainan Orang Kaya Orang Miskin tidak diperlukan karena permainan ini sudah berkembang kekinian permainan anak betawi dari permainan Baris Tempe-Tempe.