Permainan Cutik

Posted May 9, 2018
Written by
Category Permainan

Permainan Cutik adalah suatu permainan yang menggunakan media karet gelang. Permainan ini dinamakan minimal 2 (dua) orang anak yang dilakukan secara bergantian. Permainan ini dilakukan sambil duduk di lantai, karena karet gelang yang dimainkan akan disebar di atas lantai setelah dilantingkan ke atas.

Sejumlah karet gelang yang dikumpulkan dari masing-masing peserta dengan jumlah sama, dihimpun menjadi satu. Oleh karena itu, pemain yang mendapatkan giliran, sejumlah karet gelang tersebut dipegang dengan 2 (dua) jari, yaitu jari jempol dengan jari telunjuk atau jari jempol dengan jari tengah. Karet tersebut dilantingkan atau dilempar untuk dihamparkan dilantai. Posisi karet yang terpisah (tidak terkait dengan karet lainnya) dapat dijadikan gacoan (pemimpin atau alat utama yang berfungsi untuk mengumpulkan dengan mematikan posisi karet yang lain). Caranya, pemain harus mencuntik atau mengangkat karet gacoannya dengan menggunakan ujung jari jempolnya ke atas karet lain, baik yang terpisah dari karet lainnya maupun yang saling terkait (pada dasarnya pemain akan memilih posisi karet yang akan menguntungnya untuk memenangkan dan mengumpulkan karet sebanyak mungkin). Setelah posisi karet gacoan berada diatas karet yang dituju tadi, pemain tidak serta merta dapat mengambil karet tersebut. Pemain dapat memiliki karet tersebut jika dapat menjejakkan ujung jari kelingking kanannya ke dalam lubang irisan karet gacoan dengan karet yang dituju tadi tanpa tersentuh.

Terkait dengan tujuan memperoleh karet sebanyak-banyaknya ini, maka pada umumnya pemain akan memilih karet yang dituju adalah karet yang terpisah terlebih dahulu, karena jika memilih karet yang saling terkait, pemain harus yakin bahwa dia dapat melakukannya tanpa menyentuh karet lainnya. Jika posisi karet-karet tersebut dalam satu irisan, dan pemain dapat menjejakkan ujung jari kelingking kanannya tanpa menyentuh karet-karet tersebut, maka dia dapate mengambil seluruh karet tersebut. Tetapi, jika tersentuh pada salah satu karet tersebut, dia hanya berhak mengambil yang tida tersentuh dan permainan dilanjutkan pemain berikutnya.

Jadi, pemain tidak hanya juga dapat mencutik karet gacoannya pada karet yang terpisah. Tetapi, juga pada karet yang saling terkait. Oleh karena itu, permainan ini amat tergantung pada strategi yang dipilih pemain dan kepiawaiannya mencuntik karet serta ketenangannya menjejakkan ujung jari kelingking kanannya diatasirisan karet gacoan dengan karet yang dituju.

Aturan permainan Cutik adalah sebagai berikut;

1)    Melakukan hompimpah atau gambreng untuk menentukan urutan-urutan pemain.

2)    Pemain yang menang mendapat giliran pertama permainan Cutik. Jika pada pemain pertama masih ada karet tersisa, sedamg pemain pertama mati langkah, maka permainan dilanjutkan ke pemain berikutnya. Begitu seterusnya sampai karet habis.

3)    Jika masih akan melanjutkan permainan, para pemain mengumpilkan karet dan melakukan hompimpah atau gambreng lagi.