Nasi Uduk

Posted May 8, 2018
Written by
Category Kuliner



Sajian ini terkenal seantero Ibukota dan sekitarnya. Nasi uduk juga merupakan menu favorit untuk sarapan. Nasi uduk khas Betawi disajikan dengan lauk pauk khusus. Ada perbedaan anatara Nasi uduk Betawi didaerah Tanah Abang dan Rawa Belong. Kemandoran. Dua lokasi ini memang terkenal sebagai “sarang” komunitas Betawi. Di Tanah Abang, nasi uduk umumnya dinikmati bersama lauk gorengan, seperti empal, babat, atau ayam. Sedangkan di daerah Rawa Belong, Kemandoran, lauknya berkuah, seperti semur (tahu, telur, jengkol) dan kari ayam. Konon nasi yang dimasak dengan santan ini awalanya adalah makanan rakyat kecil. Dimasa lalu, nasi uduk merupakan bekal untuk para petani. Namanya berasal dari kata “uduk” yang secara etimologi berarti susah. Rasa gurihnya memang nikmat dan mengenyangkan dengan menyantap nasinya saja meski tanpa lauk.

            Nasi uduk merupakan makanan yang mengiringi upaca-upacara keagamaan zaman dahulu. Kemiripan nasi uduk dan nasi lemak di Malaysia dan beberapa wilayah di Sumatera, adalah bukti pengaruh Melayu dalam kuliner Betawi, selain bahasa atau logat. Perbedaan antara nasi uduk dan nasi lemak adalah penggunaan rempah daun. Nasi lemak menggunakan daun pandan, sedangkan nasi uduk memanfaatkan daun serai dan daun salam. Ada juga nasi uduk yang menggunakan rempah lebih lengkap, seperti jahe, lengkuas, kapulaga, dan cengkih.

 

Resep Nasi Uduk Betawi

Untuk 6 porsi

 

Bahan :

1.      400 g beras, cuci, rendam 30 menit

2.      600 ml santan dari ½ butir kelapa parut

3.      3 lembar daun salam

4.      1 batang serai, ambil bagian putihnya memarkan

5.      2 cm jahe, kupas biarkan utuh

6.      2 cm lengkuas, memarkan

7.      ½ butir biji pala, biarkan utuh

8.      3 cm kayumanis

9.      4 butir cengkih

10.    1 sdt garam

Pelengkap :

1.      Bawang goreng

2.      Sambal kacang

3.      Telur dadar, iris tipis

 

Cara Membuat :

 

1.      Masak beras bersama air rendaman hingga setengah matang. Sisihkan.

2.      Rebus santan dan semua bumbu rempah hingga mendidih (jaga jangan sampai santan pecah), saring, sisihkan rempah kering. Angkat.

3.      Tuang santan ke dalam beras yang sudah setengah matang, sedikit demi sedikit. Jagajangan sampai nasi terlalu lembek, santan tidak perlu dihabiskan.

4.      Kukus nasi hingga benar-benar matang dan pulen.

5.      Sajikan dengan pelengkap

 

(Sumber Buku Kuliner Beta)


Gambar Ilustrasi (Sumber Foto: resepistimewa)