Kue Bugis

Posted May 8, 2018
Written by
Category Kuliner

Entah mengapa dinamakan Kue Bugis. Meski namanya Bugis, kue ini bukan berasal dari Sulawesi. Tapi ternyata khas panganan Betawi. Mungkin kue ini merupakan ciptaan orang Bugis yang di masa lalu memang banyak ke Batavia? Entahlah. Kue kukus ini terdiri atas 2 bagian, yakni bagian kulit yang terbuat dari bahan tepung ketan, sehingga teksturnya kenyal. Sedangkan bagian tengahnya berisi unti-kelapa setengah tua parut yang dimasak dengan gula merah yang rasanya manis legit. Bugis dibungkus daun pisang.

            Kue Bugis ada 3 warna, putih dari tepung ketan putih, hijau dari tepung ketan putih diwarnai dengan daun suji, dan hitam dari tepung ketan hitam. Bentuknya juga bervariasi, Ada yang limas, atau berbentuk persegi empat. Jajanan pasar ini masih populer, mudah ditemukan diwarung dan toko kue.

 

Resep Kue Bugis

Bahan :

1.      500 gr tepung ketan

2.      ½ butir kelapa parut

3.      250 gr gula merah

4.      10 lbr daun suji

5.      1 sdm tepung sagu

6.      Minyak secukupnya

7.      Daun pisang

Cara membuat :

1.      Tepung sagu dan air dimasukkan dan dimasak sampai mendidih. Tepung ketan dimasukkan sedikit demi sedikit agar tidak mengumpal.

2.      Daun suji yang sudah ditumbuk disaring dan diambil airnya, dimasukkan kedalam adonan, lalu diaduk sampai merata.

3.      Untuk unti, gula merah dihaluskan dan dicampur dengan kelapa parut, diberi air sedikit, dan dimasak dengan api kecil.

4.      Adonan diletakkan pada daun yang diolesi minyak, untuk dimasukkan ke dalam adukan, lalu dikukus sampai matang.

 

Sumber :

·       Buku Kuliner Betawi Selaksa Rasa & Cerita, PT Gramedia Pustaka Umum, Jakarta, 2016

·       Buku Kuliner Khas Betawi, Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Prof. Dr. Hj. Sylviana Murni SH. M.Si, 2012


Gambar Ilustrasi (Sumber Foto: cookandprice)