Martha Tiahahu, Taman

Posted April 18, 2018
Written by
Category Taman

Taman Martha Tiahahu Jakarta Selatan

 

Alamat

Jalan Sisingamangaraja - Blok M, Jakarta Selatan

Luas

20.960 m2

Fasilitas

Bangku taman, kolam air mancur, sangkar burung, lampu taman, kamar mandi yang tidak jauh dari area taman dan alat pembuat kompos sampah taman.

Jam operasional taman

09.00 – 17.00 WIB

Pengelola Harian

PT. Langgeng Ayomlestari

Pemilik

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

Berada tidak jauh dari pusat perbelanjaan dan terminal Blok M, Kebayoran Baru - Jakarta Selatan.  Kebayoran Baru sendiri merupakan kawasan kota taman yang dirancang oleh M. Soesilo sejak tahun 1948. Taman ini merupakan salah satu taman milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang kemudian dikelola setiap harinya oleh pihak swasta. Hal ini karena diantara kedua belah pihak telah mengadakan perjanjian dalam pengelolaan taman. Taman ini memiliki fungsi sebagai tempat rekreasi, tempat beristirahat dan beraktivitas warga.

Dihiasi oleh bangku taman dan patung-patung binatang sebagai penghias taman. Taman Martha Tiahahu juga merupakan salah satu taman yang dapat dipergunakan untuk menjadi tempat acara atau pameran. Biasanya event organizer yang menyewa tempat ini langsung berhubungan dengan PT. Langgeng Ayomlestari.

Taman ini buka mulai dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 17.00 WIB. Awalnya taman ini terbuka untuk umum, namun dengan alasan keamanan akhirnya diberlakukan jam buka-tutup untuk taman ini. Taman Martha Tiahahu di dominasi oleh rumput gajah, tanaman hias, pohon ketapang, pohon cemara, pohon palem, pohon pisang, pohon angsana dan pohon lainnya. Di tengah taman ini terdapat sebuah kolam air mancur yang dapat dinikmati oleh para pengunjung taman. Dalam pengelolaan sampah taman, PT. Langgeng Ayomlestari telah menempatkan alat pembuat kompos taman di depan Taman Martha Tiahahu sehingga taman ini dapat memproduksi pupuk untuk taman sendiri.

Taman Martha Tiahahu tidak memperbolehkan pedagang untuk menjadikannya tempat berdagang. Taman ini juga tidak mempunyai tempat parkir namun pengunjung umumnya memarkirkan kendaraan bermotornya di dalam kawasan belanja Blok M. Mereka yang datang ke taman mengunakan kendaraan umum, biasanya turun di terminal Blok M kemudian berjalan kaki ke taman ini.