Bir Pletok

Posted April 18, 2018
Written by
Category Kuliner

Salah satu minuman khas Betawi. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain air dan gula pasir. Bumbunya kayu manis, jahe, sereh, cengkeh, secang, pala, lada, cabe, daun jeruk purut, daun pandan, gardamom seed, dan garam. Cara membuatnya, masak air dan gula dengan semua bumbu (secang terakhir dimasukkan). Jika sudah mendidih dan harum, saring, lalu masukkan ke dalam wadah.

 

Minuman dari ekstrak rempah ini sama sekali tidak mengandung alkohol, walau namanya mengandung kata “bir”. Penyebaran minuman ini masih jadi satu hal eksklusif, bahkan bagi warga Jakarta sekalipun. Padahal minuman “hangat” berwarna kemerahan akibat peran kayu secang ini dulunya adalah “minuman rakyat” yang biasa dijajakan oleh pedagang keliling. Ada pendapat yang mengatakan kalau bir pletok aslinya disajikan panas karena es batu baru pertama kali dikenal di Jakarta pada tahun 1960-an. Sementara diyakini bir pletok sudah lahir jauh sebelumnya. Konon, bir pletok dulunya memang dihidangkan di malam hari, saat musim penghujan, sebagai minuman penghangat bagi penduduk Betawi yang kala itu msih tinggal dengan lingkungan yang dingin.

            Dalam perkembangannya bir pletok telah mengalami pergeseran. Menurut H. Djayadi, seorang tokoh Betawi Kota Bambu, Tanah Abang, yang menjadi produsen  Bir Pletok terbaik dalam Festival Jajanan Betawi (1992), sekitar akhir tahun 1950-an bir pletok merupakan jajanan favoritenya sepulang sekolah. Kini, di Setu Babakan, Jagakarsa, bir pletok bisa dibeli dalam bentuk siap minum dalam kemasan botol kaca. Seperti wedang rempah lain, kini juga sudah tersedia bir pletok instan dalam bentuk bubuk siap seduh. Untuk versi bubuk ini, bir pletok bisa disajikan hangat ataupun dingin.

 

Resep Bir Pletok

Bahan :

1.      5 liter air

2.      5 lembar daun pandan, simpulkan

3.      2 lembar bunga pala

4.      50 gr kayu secang

5.      750 gr gula pasir

Bumbu, memarkan :

1.      250 gr jahe

2.      3 cm kayu manis

3.      1 sdt cengkeh

4.      1 sdt merica butiran

5.      5 buah kapulaga

6.      250 gr biji pala

7.      2 batang serai

Cara membuat :

1.      Campur semua bahan kecuali secang dan gula pasir. Didihkan.

2.      Masukkan kayu secang dan gula pasir, aduk rata.

3.      Masak hingga mendidih dan harum. Angkat.

4.      Sajikan hangat atau dingin.