Bayt AI-Qur'an dan Museum Istiqlal

Posted April 18, 2018
Written by
Category Permuseuman

Museum Islami yang terletak di Taman Mini Indonesia Indah. Merupakan Bayt Al-Qur'an terbesar di dunia setelah Bayt Al Qur'an Bahrain. Diresmikan oleh Presiden Suharto pada tanggal 20 April 1997, di atas lahan lebih kurang 2 hektare dan luas bangunan 17.000 m2.

Bangunan BMQI ini berbentuk bujur sangkar dengan atap limas yang mengacu pada masjid Demak sebagai salah satu masjid tertua dan bersejarah di Indonesia. Bangunan ini dipercantik dengan rehal, yakni tempat meletakkan kitab suci Al-Qur'an. Bila dilihat dari atas bangunan ini menyerupai huruf "q" yang secara simbolis berarti Qur'an. Bangunan ini terdiri dari empat lantai. Lantai pertama merupakan masjid dan juga ruang tamu, toko souvenir, cafetaria serta ruang pameran yang dilengkapi sarana audio-visual. Lantai kedua berfungsi sebagai museum. Lantai ketiga merupakan ruang perpustakaan dan penelitian. Lantai ke empat merupakan ruang kelas, ruang pengajaran dan tahfizh Al-Qur'an.

Di ruang utama terdapat Al-Qur'an raksasa yang ditulis oleh santri Pondok Pesantren Al Asy'ariyyah, Kalibeber, Wonosobo. Al Qur'an ini berukuran 2 x 1,5 m dengan memakan waktu penulisan 14 bulan dari tanggal 16 Oktober 1991 sampai 31 Desember 1992. Ruang dalam terdapat aneka Mushaf Al-Qur'an dari 27 propinsi serta manuskrip Al-Qur'an dari dalam maupun luar negeri. Di ruang pameran berisi benda-benda budaya bernafaskan Islami serta duplikat bedug besar Masjid Darul Muttaqin, Purworejo, yang dibuat tahun 1834. Di ruang pameran ini juga dipajang seni rupa kontemporer bernuansa Islami yang dapat dinikmati dalam dua dan tiga dimensi.

Museum Istiqlal menyajikan karya seni budaya bangsa Indonesia yang bernapaskan Islam, antara lain manuskrip keagamaan, karya arsitektur, tekstil, nisan, seni rupa tradisional, seni rupa modern, dan benda-benda warisan budaya Islam lain. Karya arsitektur Islami yang berpadu dengan budaya lokal dari berbagai suku bangsa di Indonesia disajikan dalam media foto, maket, miniatur, dan denah. Berbagai benda tradisi yang berhubungan dengan upacara adat juga mewarnai perbendaharaan koleksi museum. Benda-benda tersebut berupa keramik, kayu, tenun, tekstil, dan senjata tradisional yang umumnya dihias dengan kaligrafi Arab.

Secara keseluruhan bangunan Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal terdiri dari 3,5 lantai dan satu lantai dasar. Fasilitas yang tersedia selain ruang pamer tetap dan tidak tetap adalah ruang audio visual, ruang perpustakaan, dan ruang pertemuan.

Alamat:

Kompleks TMII Pintu 1

Telpon: 021-8416466 dan 8416467

Laman: //www.tamanmini.com/museum/bayt-al-quran-dan-museum-istiqlal-2