Bambu, Taman

Posted April 18, 2018
Written by
Taman Bambu
Alamat Jl. Pagelarang, Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur
Luas 2,9330 Ha
Fasilitas Arena Olahraga, Children Play Ground, Jogging Track, Bangku Taman, Pergola, Toilet, Plaza, Gazebo, Area Parkir
Jenis Vegetasi Palem Korma (Phoenix canariensis), Palem Sadeng (Livistona chinensis), Palem Jepang (Ptychosperma macarturii), Palem Kuning (Chrysalidocarpus lutescent), Palem merah (Crytosctachys lakka), Kelapa Gading (Cocos nucifera var eburnean), Kelapa Sayur (Cocos nucifera), Sikat Botol (Callistemon viminalis), Kamboja Bali (Plumeria sp), Thevetia (Thevetia peruviana), Glodogan Tiang (Polyalthea longifolia pendula), Tabebueia (Tabebueia chrysanta), Bunga Kupu-kupu (Bauhinia purpurea), Tanjung (Mimosop elengi), Trembesi (Albizia saman), Salix (Salix babylonica), Anggur laut (Coccoloba uvifera), Palem Kuning (Chrysalidocarpus lutescent), Palem Waregu (Rhapis excelsa), Dracaena Tricolor, Philosellum, Pandan Kuning (Pandanus pygmaeus), Sambang darah variegata (Excoecaria cochinchinensis), Aralia (Osmoxylum lineare)

 

Taman Bambu merupakan ruang terbuka hijau yang terletak di Jalan Pagelarang, Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Pembebasan lahan taman ini dilakukan pada tahun 2010 dan dibangun pada tahun 2012 oleh Dinas Pertamanan dan Pemakaman Provinsi DKI Jakarta dengan luas 2,9330 ha.

Eksisting dari taman ini berkontur, kondisi yang berkontur ini menjadi potensi tersendiri dalam pengembangan site ini untuk  menjadi destinasi warga sekitar. Taman Bambu merupakan salah satu taman yang bertujuan untuk mengoptimalisasi pemanfaatan Ruang Terbuka melalui konsep “Taman Hujan/Rain garden”. Taman hujan merupakan konsep penyerapan hujan ke dalam tanah dan tempat air hujan berkumpul dan terserap, sehingga tercipta keseimbangan air tanah, seperti terbentuknya danau, rawa, empang, dan situ.

Masyarakat dapat berkumpul di Taman Bambu ini dengan memanfaatkan fasilitas seperti pergola, plaza, dan gazebo. Banyak pula aktivitas olahraga yang dapat dilakukan di taman ini, tersedia jogging track, lapangan futsal dan lapangan voli. Tak hanya orang dewasa saja yang dapat menikmati fasilitas taman ini, disediakan juga children play ground sebagai area bermain anak. Tersedia pula lahan parkir yang luas.

Sambil menikmati pemandangan danau, kita dapat duduk santai di bangku taman yang tersedia dengan dikelilingi pohon-pohon pelindung yang menambah kesejukan taman ini. Taman ini dapat menjadi referensi kunjungan wisata gratis bersama keluarga.