Mengenal Dekat Budaya Betawi di Museum Betawi Setu Babakan

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan merupakan kawasan di Jakarta Selatan yang tumbuh dengan komunitas budaya Betawi. Kampung budaya Betawi tumbuh dengan kesenian, adat istiadat, religi, kuliner serta arsitektur.
 
Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan yang merupakan suatu kawasan di Jakarta Selatan dengan komunitas yang tumbuh dan berkembang bersama Budaya Betawi yang meliputi kesenian, adat istiadat, religi, kuliner, pakaian serta arsitektur. Museum Kampung Budaya Betawi menempati lokasi sekitar 289 hektare yang berada di Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.
 
Kawasan Pusat Budaya Betawi Setu Babakan menampilkan segala bentuk keseharian masyarakat Betawi seperti latihan pukul atau pencak silat, upacara pengantin, memancing, menjala, budidaya ikan, bertani, berdagang sampai pada kegiatan memasak makanan Betawi.
 
Pusat Budaya Betawi Setu Babakan ini dapat dinikmati dan dikunjungi oleh masyarakat umum yang ingin berwisata menikmati budaya Betawi. Terdapat tiga objek wisata sekaligus yang bisa dinikmati wisatawan. Pertama, Wisata Budaya seperti menyaksikan pagelaran seni musik, tari dan teater tradisional Betawi yang ditampilkan secara reguler setiap minggu sore menyaksikan anak-anak berlatih silat Betawi dan berlatih menari, membuat kue dan minuman khas yakni Bir Pletok, berkeliling kampung menengok rumah industri pembuatan Bir Pletok, dodol Betawi, bengkel batik, serta berkuda dan naik delman.
 
Kedua, Wisata Air yaitu tersedia sepeda air dan perahu naga atau memancing. Ketiga Wisata Argo, pengunjung dapat mencoba bercocok tanam di kebun yang disediakan di Zona Pengembangan. Museum Betawi mulai dibuka untuk umum sejak diselenggarakan Lebaran Betawi ke-11 pada tanggal 28 Juli 2017.
 
Terdapat juga fasilitas untuk pengunjung museum yaitu ruang auditorium, ruang pamer, perpustakaan, rumah adat Betawi, amphitheater. Adapun aktivitas pengunjung ialah workshop kuliner Betawi, workshop batik Betawi, workshop membuat mini ondel-ondel, workshop membuat kerak telor, workshop selendang mayang, foto dengan kostum Betawi, workshop tari Betawi, dan pagelaran kesenian Betawi secara reguler.
 
Bagian-bagian Museum Betawi
Lantai 1
Memasuki areal dalam museum, kita bakal disambut sepasang ondel-ondel dan pajangan megah Golok Raksasa. Golok merupakan senjata khas Betawi.
 
Lantai 2
Memasuki lantai dua museum, terdapat miniatur Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan dan juga beberapa foto dokumentasi bersejarah mengenai pembangunan kawasan ini.
 
Lantai 3
Lantai tiga bangunan museum, diisi dengan koleksi Perkampungan Budaya Betawi yang cukup komplit, termasuk koleksi barang-barang peninggalan suku Betawi yang sudah mulai dilupakan. Di lantai ini juga terpajang foto Tokoh Betawi yang terkenal pada masanya.
 
Tempat Pertunjukan Seni
Selain bangunan museum, di Kawasan Perkampungan Budaya Betawi juga terdapat satu panggung seni yang kerap digunakan untuk menghelat pagelaran-pagelaran budaya khas Betawi. Di sekitar panggung, terdapat pula spot unik dan menarik untuk berswafoto. Salah satunya adalah rumah adat khas Betawi, Jembatan, beberapa Gazebo dan Taman.


QUOTES

“Manusia tanpa cita-cita adalah mati. Cita-cita tanpa kerja adalah mimpi. Idaman yang menjadi andalan adalah kebahagiaan.”
- Ali Sadikin -
Gubernur DKI Jakarta 1966 - 1977
“Emang rejeki kagak kemane, tapi kalo lo gak kemane-mane mana mau dapet rejeki.”
- H. Benyamin Sueb -
Seniman Betawi