Permainan Lompat Tali Karet: Melatih Ketangkasan dan Membuat Tubuh Anak Jadi Cekatan

Permainan lompat tali karet atau biasa disebut permainan karet saja merupakan salah satu permainan tradisional Betawi yang dimainkan oleh anak perempuan. Tapi terkadang anak laki-laki pun ada beberapa yang ikut bermain. Permainan lompat tali/karet ini menggunakan tali yang terbuat dari sambungan karet gelang yang panjangnya kira-kira 5 meter.
 
Kedua ujungnya masing-masing dipegang oleh dua orang, lalu diputar sehingga turun naik ke atas dan ke bawah. Kemudian dua anak lain melompat-lompat mengikuti gerak tali itu dengan hitungan dan gaya tertentu. Jika ia terjatuh, maka rekannya yang lain mendapat giliran untuk melompat.
 
Menurut beberapa sumber, permainan karet ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Pada awalnya permainan ini hanya dimainkan oleh anak-anak Belanda pada masa itu. Ada juga yang mengatakan bahwa asal permainan lompat tali karet ini  berasal dari benua Eropa yang menyebar ke benua-benua lainnya termasuk di dalamnya benua Asia Tenggara tepatnya Indonesia.
 
Selain itu, ada juga sumber yang menyebutkan permainan ini berasal dari Mesir, China, Australia dan lain sebagainya. Sehingga tidak ada kejelasan yang pasti tentang asal usul permainan yang satu ini.
 
Peraturan dan Cara Bermain
 
Permainan dimainkan oleh 3 orang atau lebih. Ada 2 orang sebagai pemegang tali dan yang lainnya bertugas melompati karet.Ketinggian karet dimulai dari mata kaki hingga mencapai kepala bahkan tangan yang diacungkan ke atas.
 
Ketinggian hingga bagian dada, mengharuskan peserta melompat tanpa mengenai karet/tali.
Jika pemain mengenai karet atau terjerat karet maka pemain gugur dan bergantian dengan si pemegang karet. Jika semua pemain sudah berhasil melewati tantangan lompatan dengan ketinggian akhir, maka permainan akan diulang dari awal, begitu seterusnya.
 
 
Manfaat Permainan
 
Ada pun manfaat dari permainan tradisional ini adalah untuk melatih otot kaki meningkatkan koordinasi tubuh, meningkatkan fungsi kognitif, meningkatkan kepadatan tulang
 

Aspek yang Dikembangkan

Dilihat dari aspek perkembangan anak yang memainkan permainan tali karet dapat melatih syaraf motorik. Lompat tali karet merupakan suatu kegiatan yang baik bagi tubuh.secara fisik anak jadi lebih terampil, karena bisa belajar cara dan teknik melompat yang dalam permainan ini memang memerlukan keterampilan tersendiri. Lama kelamaan, bila sering dilakukan, anak dapat tumbuh menjadi cekatan, tangkas dan dinamis. Otot-ototnya pun padat dan berisi, kuat serta terlatih. Lompat tali karet juga dapat membantu mengurangi kejadian obesitas pada anak


QUOTES

“Manusia tanpa cita-cita adalah mati. Cita-cita tanpa kerja adalah mimpi. Idaman yang menjadi andalan adalah kebahagiaan.”
- Ali Sadikin -
Gubernur DKI Jakarta 1966 - 1977
“Emang rejeki kagak kemane, tapi kalo lo gak kemane-mane mana mau dapet rejeki.”
- H. Benyamin Sueb -
Seniman Betawi