Kuda Bisik: Permainan yang Berbisik-bisik Menebak Nama Lawan

Kuda Bisik merupakan permainan yang dikenal sebagai salah satu permainan dari masyarakat Betawi tempo dulu. Permainan ini sangat mudah dimainkan karena tidak memerlukan alat bantu untuk memainkannya. Permainan kuda bisik ini setidaknya terdiri dari dua tim. Dua tim ini berisi 3 orang atau lebih. Pada permainan ini juga ada orang yang bertugas sebagai juri. Tugasnya adalah orang yang dibisiki oleh para pemain.
 
Dua tim berdiri berhadapan. Sementara juri berdiri atau duduk di antara kedua tim. Kedua tim melakukan suit untuk menentukan tim mana dulu yang memulai permainan. Salah satu anggota dari tim yang menang harus menghampiri juri dan membisikkan nama salah satu anggota dari  tim lawan mereka.
 
Kemudian giliran tim lawan menghampiri juri dan melakukan hal yang sama, yakni membisikkan nama salah satu anggota dari tim yang menjadi lawannya. Jika salah satu anggota yang menghampiri juri adalah orang yang namanya disebut oleh lawan ke telinga juri, maka tim tersebut harus mendapatkan hukuman karena tim lawan berhasil menebak siapa orang yang akan menghampiri juri selanjutnya.
 
Tim yang kalah tadi akan dihukum dengan menggendong lawannya dengan cara gendong kuda. Jika tidak bisa melakukannya bisa dikompromikan dengan cara lain. Istilah gendong kuda ini adalah orang yang menggendong berada di depan dengan mengangkat kaki orang yang digendong yang berada di belakang, tepatnya di punggung orang.
 
Jika tim yang kalah tak bisa gendong kuda, maka dihukum dengan cara lain sesuai hasil yang telah dikompromikan. Setelah hukuman selesai, permainan pun dilanjutkan dengan cara yang sama. Inti dari permainan ini adalah menebak siapa anggota dari tim lawan yang akan maju menghampiri juri (si kuda bisik).


QUOTES

“Manusia tanpa cita-cita adalah mati. Cita-cita tanpa kerja adalah mimpi. Idaman yang menjadi andalan adalah kebahagiaan.”
- Ali Sadikin -
Gubernur DKI Jakarta 1966 - 1977
“Emang rejeki kagak kemane, tapi kalo lo gak kemane-mane mana mau dapet rejeki.”
- H. Benyamin Sueb -
Seniman Betawi