Berita Kebudayaan

Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Utara Gelar Festival Budaya Kampung Kandang

Foto: harianrakyat.id

JAKARTA UTARA - Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Utara menggelar Festival Budaya Kampung Kandang di RW 04, Kelurahan Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara, Minggu (26/11). Acara dihadiri oleh Kepala Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Utara, Cucu Rita Sary , perwakilan dari kelurahan Semper Barat yaitu Bapak Joce Rizal, Polsek Cilincing, Satpol PP, Komunitas Kampung Kandang dan Perguruan Silat di Cilincing.

Acara festival budaya ini dipandu dua orang MC, yakni Dul Kenari dan Mpok Tane. Dul Kenari merupakan salah satu seniman Betawi yang dikenal dengan aksi panggungnya yang lucu dan menghibur, sementara Mpok Tane merupakan salah satu seniman Betawi yang dikenal dengan suaranya yang merdu.

Ketua Panitia Festival Budaya Kampung Kandang, Akhyar berharap Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Utara terus mendukung kesenian yang ada di Kampung Kandang, utamanya mendukung kelestarian Grup Astrabi yang sudah dikenal di tingkat internasional.

"Kami berharap Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Utara terus mendukung kesenian yang ada di Kampung Kandang," kata Akhyar, Minggu (26/11).

Dalam sambutannya, Kepala Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Utara, Cucu Rita Sary mengatakan kerkolaborasi dengan Perguruan Silat serta Komunitas Kampung Kandang ini adalah salah satu perwujudan dan refleksi dari undang-undangan Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, yang mana Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta utara wajib untuk melestarikan, membina dan mengembangkan potensi seni budaya di wilayah lokal setempat.

"Melalui festival ini, kami berharap masyarakat dapat lebih mengenal dan mencintai budayanya sendiri karena di Kampung Kandang tidak hanya satu komunitas dan banyak seni budaya yang lain yang harus diangkat, dan kami akan men-support kesenian yang ada di sini," kata Cucu Rita Sary.

Acara festival budaya ini diisi dengan berbagai macam kegiatan, antara lain pertunjukan seni tari, musik, dan pencak silat, gambang kromong, orkes melayu dan lain sebagainya. Selain itu juga digelar bazar kuliner dan kerajinan tangan khas Kampung Kandang.

Peserta festival berasal dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Mereka tampak antusias mengikuti berbagai kegiatan yang digelar.

Salah seorang peserta, Aini, mengungkapkan festival ini sangat menarik. Menurutnya, acara ini membuka kesempatan yang baik untuk mengenal budaya Kampung Kandang.

"Saya senang sekali bisa ikut festival ini. Saya jadi tahu banyak hal tentang budaya Kampung Kandang," kata Aini.

Sumber: utara.jakarta.go.id

DINAS KEBUDAYAAN PROVINSI DKI JAKARTA
Jalan Gatot Subroto Kav. 40-41 Lt. 11 dan 12
Kelurahan Kuningan Timur, Kecamatan Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta, 12950
(021) 252-3164
dinaskebudayaan@jakarta.go.id