Berita Kebudayaan

Sudin Kebudayaan Jakut Gelar Gebyar Budaya Betawi di Sunter Jaya

Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Utara berkolaborasi dengan Komunitas Sunter Jaya, menggelar kegiatan Gebyar Budaya Betawi Sunter Jaya di Halaman Kantor Lurah Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jumat (8/12) hingga Sabtu (9/12) besok.

Kepala Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Utara, Cucu Rita Sari mengatakan, sebagai organisasi perangkat daerah (OPD) pengampuh kebudayaan, pihaknya mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang diinisiasi Komunitas Sunter Jaya ini.

Apalagi, jelas Cucu, sejumlah pengisi acara dalam kegiatan Gebyar Budaya Betawi Sunter Jaya ini merupakan para seniman hasil pembinaan yang telah dilakukan pihaknya.

"Ini adalah salah satu perwujudan UU nomor 5 tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan. Kita harus melestarikan seni budaya setempat," katanya, Jumat (8/12).

Menurut Cucu, pelestarian budaya tidak hanya dilakukan melalui pembinaan tapi juga membutuhkan even untuk menampilkan beragam seni budaya masyarakat.

"Saya harap semakin banyak lagi even yang digelar di berbagai lokasi agar seni budaya lokal terus bermunculan," imbuhnya.

Lurah Sunter Jaya, Eka Persilian Yeluma menambahkan, kegiatan dimeriahkan berbagai seni budaya betawi seperti, Lenong, Pencak Silat Betawi, Gambang Kromong, Orkes Melayu, Palang Pintu, Gambus, Ondel-ondel, Marawis dan Hadroh.

Selain hiburan seni budaya, lanjut Eka, dalam kegiatan ini juga ada pemeriksaan kesehatan gratis serta bazar yang diikuti 34 pelaku UMKM di wilayahnya. .

"Bila ingin menikmati seni budaya betawi sambil menikmati kulineran, silakan datang saja ke kantor Lurah Sunter Jaya," tandasnya.

Sumber: beritajakarta.id

DINAS KEBUDAYAAN PROVINSI DKI JAKARTA
Jalan Gatot Subroto Kav. 40-41 Lt. 11 dan 12
Kelurahan Kuningan Timur, Kecamatan Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta, 12950
(021) 252-3164
dinaskebudayaan@jakarta.go.id